Kamis, 23 Maret 2023

Menyimpulkan Presentasi Pada channel Youtube ISI Surakarta dalam Kajian Seni Rupa

 

TUGAS 2 

NAMA: Syafira Putri Amaliana

NPM: 202146500854

KELAS: R4K

MATKUL: Kajian Seni Rupa dan Desain 

Setelah saya simak video Youtube ISI SURAKARTA, saya dapat simpulkan Beliau membuat kajian inovasi yang berjudul inovasi bentuk figur kayon wayang kulit Purwa gaya Surakarta atau yang melatarbelakangi bahwa Kesenian wayang kulit tidak hanya memiliki nilai adiluhung pada aspek pertunjukan dan sastra, tetapi juga pada aspek bentuknya. Beliau juga mengutamakan pada figur rayon yang memiliki nilai adiluhung dalam perkembangannya seiring perkembangan zaman. Dalam penelitiannya, beliau melakukan analisis secara terperinci terhadap kaidah bentuk figur kayon, dengan cara perbandingan ukuran dan teknik gambar, kemudian analisis terhadap lukisan kayon. kesimpulan penelitian tersebut disimpulkan:

Yang pertama inovasi bentuk figur kayon wayang Surakarta memunculkan ragam bentuk fitur crayon ragam bentuk figur yang memiliki estetikanya yang disebut dengan foto rayon.

Yang kedua inovasi bentuk fiber crayon pada wayang kulit Purwodadi Surakarta terjadi karena seniman mengalami pengalaman estetis dan pengalaman artistik sehingga memunculkan dialektika untuk figur rayon.

Yang ketiga nilai filosofis pada bentuk fiber crayon wayang kulit Purwokerto merupakan pandangan manusia terhadap dunia yang disebut dengan kosmologi yang terdiri dari tiga bentuk yaitu makrokosmos dan Meta Cosmos.

Beliau juga mengatakan teori yang digunakan Untuk meneliti kayon di hasil penelitian ini Tahun 2021 atau 2022 juga menggunakan Golden ratio. Yang merupakan untuk digunakan membantu menciptakan hasil desain yang terbaik dan juga memiliki komposisi lebih seimbang.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda