Sabtu, 08 April 2023

Menganalisis Objek Jurnal

 Analisis Objek Jurnal

Assalamualaikum wr. wb 

Sebelumnya ini adalah tugas ke tiga saya pada mata kuliah Kajian Seni Rupa dan Desain, Menganalisis jurnal yang berjudul " Komunikasi Antarbudaya Dalam Film The Karate Kids

The Karate Kid (2010) - IMDb

 

Judul                : Komunikasi Antarbudaya Dalam Film The Karate Kids 

Pendekatan    : Melakukan analisis dengan menggunakan pendekatan tanda-tanda yang terdapat dalam film the karate kids, dengan teori semiotika 

Teori            : FilmThe Karate Kids merupakan film bergenre action, drama dan family. Film The Karate Kid menceritakan tentang seorang anak bernama Dre yang pindah dari Amerika dan menetap di China yang mengalami kesulitan dalam hal beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Analisis          : Gabungan antara scene-scene komunikasi antarbudaya yaitu makna denotasi dan makna konotasi. Terdapat 11 scene yang tampak secara jelas menampilkan scene yang berkaitan dengan unsur komunikasi antarbudaya. Denotasi adalah makna yang paling nyata, tampak, atau sebenarnya dari film. Contohnya; Dre yang memberikan isyarat tangan, Ekspresi wajah, dan tatapan mata. Lalu Konotasi adalah makna yang mengandung perasaan emosi /ketertarikan. Contohnya; Dre dan Mei Ying memiliki rasa emosional cinta yang mendalam. Cara ini adalah salah satu budaya Amerika dan dilihat dari beberapa aspek, baik segi sosial masyarakat dan agama.

Kesimpulan    : Dalam film The Karate Kid ini dapat disimpulkan bahwa sebuah bela diri bukanlah untuk mencari musuh atau menghabiskan musuh sampai babak belur tetapi untuk mencegah kita dari kejahatan tetapi bukan berarti kita harus menyakiti. Dari segi budayanya dapat disimpulkan bahwa dengan menyesuaikan diri secara dua arah membuat kita terbiasa dengan budaya yang ada disana. Dengan kita menyesuaikan budaya di negara lain atau kota bukan berarti kita melupakan budaya kita sendiri. 

Demikian tugas analisis objek jurnal yang saya buat dan saya cantumkan tugas menganalisis 3 jurnal kemarin 

Sekian terimaksih, wassalamualaikum wr. wb


 

 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda